Cara Pengeringan Jahe Merah Kering

Cara Pengeringan Jahe Merah Kering

Pengeringan jahe kering merupakan tahapan akhir yang menentukan kualitas jahe kering itu sendiri. Pengeringan adalah proses pengurangan kadar air sampai batas yang terbaik sekitar 8- 10%.  Pasalnya pada tingkat kadar air tersebut, kemungkinan bahan cukup aman terhadap pencemaran baik yang disebabkan oleh jamur ataupun inteksida.
            Ada berbagai cara pengeringan yaitu dengan penjemuran langsung, di anginkan ataupun dengan udara panas yang mengalir.  Pada tahapan awal rimpang di cuci (kadar air diperkirakan sekitar 85-90%).  Kemudian diiris –diiris dengan ketebalan 7-8 mm. Setelah di jemur atau kering ketebalan akan menjadi 5-6 mm dengan kehilangan berat sekitar 60-70%  (kadar air sekitar 7-12%).  Pada waktu penjemuran, di jaga agar bahan jangan sampai menumpuk. Sedangkan untuk alas penjemuran digunakan anyaman bambu, lantai penjemur atau tikar.


Dalam proses pengeringan, di butuhkan ketelatenan agar mendapatkan kualitas simplisia kering dengan tekstur yang menarik. Untuk mendapatkan kualitas terbaik, jahe merah dapat direbus atau digodok beberapa menit sampai terjadi proses gelatinisasi. Ada beberapa cara pengeringan jahe dalam pembuatan simplisia diantaranya:

     1.      Mengunakan Cahaya Matahari Langsung
Cara ini sederhana dan hanya memerlukan lantai jemur yang umum digunakan adalah lantai penjemuran dari semen dan rak penjemuran dari kayu. Rimpang jahe yang akan di jemur di sebar secara merata dan pada saat tertentu di balik agar panas merata dan rimpang tidak retak.
Cara penjemuran semacam ini selain murah juga praktis, namun juga ada kelemahan yaitu suhu dan kelembaban tidak dapat terkontrol, memerlukan area penjemuran yang luas, saat pengeringan tergantung cuaca dan mudah terkontaminasi dan waktu pengeringan yang lama.

2.      Alat Pengering Energi Surya (Secara Tidak Langsung)
Alat ini mengunakan energi sinar matahari sebagai sumber panas dengan tambahan energy lain seperti listrik atau bahan bakar. Cara ini memanfaatkan sirkulasi udara untuk memindahkan panas. Besarnya energi panas dengan yang berpindah menentukan efektivitas dari alat ini. Sedangkan besarnya energy panas yang diserap tergantung pada keadaan dan struktur permukaan alat. Disamping cara pengeringan kedua tersebut, ada juga cara pengeringan mengunakan oven.
Bagi anda yang membutuhkan jahemerah kering untuk kebutuhan industri kami menyediakan jahe kering siap kirim, baik partai besar maupun partai kecil. Kami juga menyediakan beberapa jenis jahe kering lainya yaitu jahe merah kering, jahe gajah  kering, jahe emprit dan ragam simplisia lainya. Jika anda membutuhkan segera hubungi kami untuk mendapatkan jahe kering berkualitas.

HP/WA  +6287838393451  /  +6282313506330


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ragam Olahan Jahe Kering

Jual Jahe Merah Kering