Ragam Olahan Jahe Kering

Ragam Olahan Jahe Kering

Masyarakat Indonesia pada umumnya telah mengenal dan memanfaatkan jahe dalam kehidupan sehari-sehari seperti digunakan untuk campuran bahan makanan dan minuman. Biasanya sebagian besar para petani jahe di Indonesia menjual hasil panennya di pasar tradisional dalam keadaan segar. Cara ini memang bisa di bilang praktis karena hasil panen langsung terdistribusikan dan cepat dapat uang. Terlebih, rimpang jahe merah yang dipanen pada umur yang masih muda biasanya tidak bertahan lama dan mudah membusuk. Oleh sebab itu, diperlukan pengolahan secepatnya agar tetap layak di konsumsi terutama pada saaat panen melimpah.
Salah satu hasil olahan jahe yang belum banyak dilakukan oleh para petani jahe adalah mengolah jahe menjadi jahe kering terutama jahe merah dan jahe putih. Jahe kering adalah irisan rimpang jahe yang telah dikeringkan. Cara pembuatanya sangat sederhana. Rimpang di cuci, kemudian di iris-iris, direndam air hangat dan dijemur atau dikeringkan dengan alat pengering. hasil olahan jahe kering biasanya digunakan sebagai bahan baku untuk pengolahan tepung jahe dan bumbu masak.
jahemerahkering.com
Adapun jenis olahan jahe merah kering dapat dikelompokan menjadi tiga jenis, yaitu

   1. Jahe Kering Berkulit
Teknik pengolahan jahe ini biasanya jahe yang akan dikeringkan tidak dibuang kulitnya. Jadi, pasca panen jahe dicuci dan dibersihkan dari tanah hingga bersih. Kemudian diriskan dan di angin-anginkan dalam ruangan yang berventilasi udara yang baik, sehingga air yang melekat akan teruapkan. Setelah itu, jahe di rajang atau diiris tipis-tipis dengan ketebalan  7-8 mm. Tahapan selanjutnya, di jemur hingga kering.

2.      Jahe Kering Setengah Berkulit
Teknik pengolahan jahe ini biasanya dilakukan dengan cara dikeringkan dengan mengupas permukaan kulit datarnya. Jadi, pasca panen jahe di cuci dan dibersihkan dari tanah hingga bersih. Kemudian diriskan dan di angin-anginkan dalam ruangan yang berventilasi udara yang baik, sehingga air yang melekat akan teruapkan. Setelah itu, jahe di kupas kulit datarnya lalu di rajang atau diiris tipis-tipis dengan ketebalan  7-8 mm. Tahapan selanjutnya, di jemur hingga kering.

3.      Jahe Tanpa Kulit
Teknik pengolahan jahe ini biasanya dilakukan dengan cara di kupas seluruh kulitnya. Jadi, pasca panen jahe di cuci dan dibersihkan dari tanah hingga bersih. Kemudian diriskan dan di angin-anginkan dalam ruangan yang berventilasi udara yang baik, sehingga air yang melekat akan teruapkan. Jahe di kupas seluruh kulitnya lalu dirajang atau diiris tipis-tipis dengan ketebalan  7-8 mm. Tahapan selanjutnya, di jemur hingga kering.
Kemudian jahe di kupas seluruh kulitnya lalu dirajang atau diiris tipis-tipis dengan ketebalan  3-4 mm. Setelah itu, di jemur hingga kering.
Dengan ketersediaan yang cukup melimpah dan kebutuhan pasar yang cukup tinggi baik penggunaan rumah tangga ataupun kebutuhan sebagai bahan baku industri menjadikan usaha pengolahan jahe kering ini menjadi peluang usaha yang menjanjikan.
Bagi anda yang membutuhkan jahemerah kering untuk kebutuhan industri kami menyediakan jahe kering siap kirim, baik partai besar maupun partai kecil. Kami menyediakan dua jenis jahe kering yaitu jahe merah kering dan jahe putih kering. Tentu dengan harga yang berbeda.  Jika anda membutuhkan segera hubungi kami untuk mendapatkan jahe merah kering berkualitas.
HP/WA : 085229562220

Komentar

Pos populer dari blog ini

Jual Jahe Merah Kering

Cara Pengeringan Jahe Merah Kering

Jual Jahe Gajah Kering